browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Configure PHP Phurple with PHP 5.3.3

Posted by on April 23, 2013

Setelah sekian lama gak orat-oret di blog ini (: dan sudah agak lama di tinggalkan (lonely), akhirnya saya mencoba lagi untuk membuka lembaran baru (scenic), dengan menceritakan kisah dan perjuangan menginstall ulang server (rock) . Dimana server ini sudah lama sekali up dan butuh refreshing hardware dan OS nya, OS yang sebelumnya adalah CentOs 4.3 kira-kira 5 tahun yang lalu dan telah mengalami perpindahan Data Center dan perubahan Hardware. Kali ini perubahannya major sekali yaitu Hardware dan OS. Untuk spec hardwarenya lumayan naik kelas dibanding sebelumnya yaitu Core Duo, dan saat ini di ganti menjadi Intel Core i5 dengan memory 8G.

Kejadiannya bermula dimana kebutuhan akan komunikasi dari BOT Dota Akademia, service yang diberikan adalah layanan google talk dimana setiap aktvitas BOT Dota Akademia akan di kirim ke Gtalk (Google Talk) Group Dota Akademia dimana fitur ini dibuat oleh Partych.at dimana yang memperkenalkan kepada teman-teman di akademia ada lah Maharz dan Group ini menjadi group chat yang paling aktif (cozy) di banding group-group yang ada di BBM gw. Sebenarnya ide ini muncul dari saya, yang dulunya kita hanya berkomunikasi menggunakan Partych.at untuk mengundang teman-teman di group untuk bermain bareng Dota dengan Bot, akhirnya saya mempunyai ide bukan kita yang memanggil teman-teman untuk bermain bareng tetapi Bot lah yang memberikan informasi ke Group chat jika ada salah satu teman kita yang login ke BNet (Battle Net) dan membuat yang lainnya ingin online dan semua terrealiasasi berkat Maharz.

Oke kita kembali lagi ke PHP Phurple, modul ini berguna untuk client chat XMPP, kita memanfatkannnya untuk mengirim pensan secara otomatis via Google Talk. Sekedar informasi versi PHP yang di gunakan disini adalah PHP 5.3.3, untuk menginstall modul PHP Phurple sebenarnya simple stepnya seperti ini.

# wget http://nchc.dl.sourceforge.net/project/phurple/phurple/phpurple-0.4.1-alpha/phurple-0.4.1-alpha.tar.bz2
# tar xvf phurple-0.4.1-alpha.tar.bz2
# cd phurple-0.4.1-alpha
# phpize
# ./configure
# make
# make install
# echo “extension=phurple.so” >> /etc/php.ini

Mudah bukan (idiot) ? Ya memang mudah, hanya saja pada saat menginstall modul phurple ini banyak sekali kendala, kendala pertama modul ini membutuhkan glib2-devel ini juga simple tinggal ketik

# yum install glib2-devel

nah semua error yang didapat pada saat melakukan make, disini mendapat 2 kendala:
Pesan error pertama yaitu

/usr/include/glib-2.0/glib/gtypes.h:34:24: error: glibconfig.h: No such file or directory

Dari error diatas terlihat kalo glibconfig.h nya tidak ditemukan, setelah googling di yahoo, ternyata ini adalah bug dari glib-2.0 yaitu dimana glibconfig.h yang berada bukan pada tempatnya, karena dia berada bukan pada tempatnya maka sewaktu proses make yang membutuhkan modul itu tidak dapat ditemukan. For this case, this is the cure

ln -s /usr/lib64/glib-2.0/include/glibconfig.h /usr/include/glib-2.0/

Simple bukan.. Jadi glibconfig.h seharusnya berada di /usr/include bukan berada di /usr/lib64. Dan setelah melakukan simbolic link kemudian make lagi semuanya lancar hingga proses make install dan meload module phurple.so pada php.ini, setelah mengecek modulnya dengan php -m ternyata mendapatkan pesan error yang lain yaitu

PHP Warning: PHP Startup: Unable to load dynamic library ‘/usr/lib64/php/modules/phurple.so’ – /usr/lib64/php/modules/phurple.so: undefined symbol: ZVAL_ADDREF in Unknown on line 0

Crap.. ini apalagi? Setelah melakukan penelusuran googling di yahoo ternyata php-5.3 itu tidak lagi menggukan ZVAL_ADDREF What..? Trus dia pake apa donk?
Tenang jangan gugup pada penulusuran ZVAL_ADDREF itu harus di ganti menjadi Z_ADDREF_P dan harus diganti pada codenya. Wah ini sudah terlihat barbar, dulu sewaktu masih di kantor sebelum kantor yang sekarang ini. Teman saya Khad dia sering melakukan hal barbar ini, bukan hanya 1 atau 2 line code saja yang di ubah, dia pernah me remark sampai 10 baris dan bahkan lebih dan setelah itu sukses. Tapi kali ini cuma mengganti 1 kata aja :) Thx to khad yang telah mengajarkan hal ini.

And then.. finally BOT online kembali. (dance_bzz)

Comments

comments

2 Responses to Configure PHP Phurple with PHP 5.3.3

  1. Juanita Mosley

    Anime Fighter merupakan Fighting Anime Action Game, dimana dalam permainan ini setiap pemain akan diwakili dengan Animr 3D yang imut dan menarik. Disini, kamu dapat saling adu kemampuan kamu dengan teman-teman baru dari seluruh Indonesia. General Information Di Anime Fighter, kamu bisa menjadi Anime favorit kalian, mulai dari Naruto, Bleach, Saint Saiya, dan dragon ball. ditambah lagi dengan macam-macam senjata yang dapat digunakan dikarakter kamu.

  2. Gonzalo Weber

    Semoga bermanfaat! Tetap waspada! Jangan pernah meninggalkan passwordmu terbengkalai di browser!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:)) :) :D (LOL) :-P (woot) ;-) :-o X-( ;-( :-& (angry) (annoyed) (bye) B-) (cozy) (sick) (: (goodluck) (griltongue) (mmm) (hungry) (music) (tears) (tongue) (unsure) (highfive) (dance) (doh) (brokenheart) (drinking) (girlkiss) (rofl) (money) (rock) (nottalking) (party) (sleeping) (thinking) (bringit) (worship) (applause) 8-) (gym) (heart) (devil) (lmao) (banana_cool) (banana_rock) (evil_grin) (headspin) (heart_beat) (ninja) (haha) (evilsmirk) (bigeyes) (funkydance) (idiot) (lonely) (scenic) (hassle) (panic) (okok) (yahoo) (blush) (fish_hit) (muhaha) (muscle) (taser) (beer) (coffee) (banana_ninja) (goal) (fireworks) (smileydance) (dance_bzz) (rusian)